Akibat Gempa, 5,8 SR Puluhan Wisatawan Terjebak di Air Terjun Tiu Kelep Lombok Utara

Spread the love
Share

GLOBAL HUKUM INDONESIA LOMBOK UTARA – Gempa berkekuatan 5,8 SR dan 5,2 SR mengguncang Lombok Timur, juga berdampak kepada Lombok Utara. Pasalnnya jaraknya yang begitu dekat, sehingga menyebabkan salah satu destinasi wisata air terjun Tiu Kelep, Desa Senaru , Kecamatan Bayan mengalami longsor.

“Jadi terjadi longsor di kawasan terjun Tiu Kelep di Senaru akibat gempa tadi,” ungkap, Kabag Humas dan Protokol KLU, Mujadid Muhas via Group WhatsApp, Minggu (17/3/2019).

Dia menjelaskan, Data yang di terimanya saat ini merupakan data sementara. Ada sebanyak 40 wisatawan yang terkena longsor akibat gempa itu. Korban dominan berasal dari Malaysia dan domestik.

Saat ini Pemda Lombok Utara melalui BPBD dan Dinas Kesehatan Lombok Utara, telah menerjunkan 4 ambulan serta personil dan tim paramedis ke lokasi kejadian, untuk membantu evakuasi.

“Baru bisa dievakuasi 5 orang, 2 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka sedangkan 1 orang dirawat di Puskesmas Bayan,” Jelasnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Senaru, Husnul mengatakan, jumlah keseluruhan yang sudah di evakuasi baru sebanyak 23 orang. Luka berat ada 2 orang, dan saat ini sedang dirujuk ke puskesmas.

Selebihnya sebanyak 21 orang mengalami luka ringan. Korban ini ada yang dibawa ke puskesmas Senaru dan puskesmas Anyar.

“Yang dirujuk itu adalah wisatawan lokal satu, sama warga negara asing satu, yang Bocor kepalanya itu, dari Malaysia,” Pungkasnya.(Idham/ms)

Tinggalkan Balasan

Share
Share